Sambutan Kepala Dinas


 

 

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadlirat Allah SWT., atas rahmat dan hidayah-Nya Website berbasis aplikasi BIMMA (Bandung Integrated Manpower Management) dapat dibangun secara mandiri. Design dan pengelolaan website dilakukan oleh Tim Teknis Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung yang selalu menyajikan data dan informasi Ketenagakerjaan secara Up to Date.

BIMMA (Bandung Integrated Manpower Management)) merupakan salah satu jawaban teknologi dan informasi yang kita ketahui bahwa apabila kita menguasai 3 (tiga) hal pokok yaitu penguasaan Bahasa, Informasi dan Teknologi dapat memudahkan kehidupan kita.

BIMMA berisi aplikasi :

  1. layanan Bursa Kerja On-line (BKOL) yaitu pendaftaran pencari kerja (Kartu AK.1) dan pengisian Informasi Lowongan Kerja oleh Perusahaan, yang bertujuan Pencari Kerja dan Perusahaan dalam hal pemenuhan kebutuhan tenaga kerja dan penempatan tenaga dapat terjadi komunikasi melalui on-line;
  2.  Wajib Lapor Perusahaan sesuai Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1981: Pasal 6 : Pengusaha atau pengurus wajib melaporkan secara tertulis kepada Menteri atau pejabat yang ditunjuk selambat-lambatnya dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari setelah mendirikan, menjalankan kembali atau memindahkan perusahaan. Pasal 7 ayat (1)  pengusaha atau pengurus wajib melaporkan setiap tahun secara tertulis mengenai ketenaga kerjaan kepada Menteri atau pejabat yang ditunjuk. Kemudian ?Pasal 8 ayat (1) Pengusaha atau pengurus wajib melaporkan secara tertulis kepada Menteri atau pejabat yang ditunjuk selambat-lambatnya dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sebelum memindahkan, menghentikan atau membubarkan perusahaan. Laporan harus memuat keterangan: nama dan alamat perusahaan atau bagian perusahaan; nama dan alamat pengusaha; nama dan alamat pengurus perusahaan; tanggal memindahkan, menghentikan atau membubarkan perusahaan; alasan-alasan pemindahan, penghentian atau pembubaran perusahaan; Kewajiban-kewajiban yang telah dan akan dilaksanakan terhadap buruhnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, perjanjian kerja, perjanjian perburuhan dan kebiasaan-kebiasaan setempat; jumlah buruh yang akan diberhentikan. Ayat (2) Laporan harus memuat keterangan: identitas perusahaan; hubungan ketenaga kerjaan; perlindungan tenaga kerja; dan kesempatan kerja.
  3. Pendaftaran Pelatihan On-Line, aplikasi ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan (berbasis masyarakat/kompetensi kerja/Wira usaha Baru), dan pemagangan kerja, serta pencari kerja yang ingin mendapatkan sertifikasi profesi melalui Uji Kompetensi Kerja, yang tujuannya adalah meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja, sehingga dapat meningkatkan peluang kerja, dan atau menjadi Wira Usaha Baru.
  4. Informasi data perselisihan hubungan industrial.

 

Aplikasi tersebut di atas, terintegrasi, terpadu dan terkoordinasi satu dengan yang lainnya. Harapan kami, BIMMA (Bandung Integrated Manpower Management) dapat menambah wawasan informasi, kreatifitas, dan mudah-mudahan dapat menjawab keinginan masyarakat akan pelayanan yang mudah, murah, cepat, dan tepat melalui on-line service. Data dan Informasi harus dapat digunakan dengan baik oleh pengguna dan terutama oleh masyarakat luas. Kami menyadari sepenuhnya apa yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung tidak akan maksimal tanpa partisipasi aktif dan peran serta masyarakat, tenaga kerja/pencari kerja, perusahaan. Oleh karena itu kiranya para pengurus perusahaan, dan masyarakat yang berkepentingan dengan ketenagakerjaan dapat berpartisipasi aktif, berkontribusi dalam website yang kami bangun ini.

Dalam penyajian data dan informasi, dan on-line service masih banyak kekurangan dan kesalahan, saran dan kritik bersifat membangun melalui fitur kontak sangat kami harapkan. Demikian , terimakasih.

 

                                                                                                                                        Bandung,     Maret 2016

                                                                                                                                        KEPALA DINAS TENAGA KERJA

                                                                                                                                       KOTA BANDUNG

 

 

                                                                                                                                        Ttd.

 

                                                                                                                                              DR. TONO RUSDIANTONO, M.Si.

                                                                                                                                            Pembina Tk. I

                                                                                                                                             NIP : 19651118 198603 1005

 
 

© 2016 - DINAS TENAGA KERJA KOTA BANDUNG
Contact : Jl. Martanegara No. 4 Bandung, Telp. 022-7311330 / 022-7313130
Email: disnaker@bandung.go.id